Music

Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions)

Model Pembelajaran STAD – Dalam proses belajar mengajar seorang guru seharusnya memperhatikan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa dan proses adaptasinya dengan lingkungan serta pengalamannya. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang dipandang akomodatif bagi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa maupun aktivitas belajar, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Tipe-tipe pembelajaran kooperatif diantaranya adalah Metode STAD (Student Teams- Achievement Divisions).
Model Pembelajaran STAD Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions)
Model Pembelajaran STAD
Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan model pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh R. Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin. Model ini merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan sebuah model yang bagus bagi seorang guru pemula untuk menggunakan pendekatan kooperatif. Pembelajaran STAD sering disebut model pembelajaran generik yaitu model pembelajaran kooperatif yang aplikatif terhadap skala tingkat kelas, mata pelajaran, serta karakteristik sekolah dan kelas yang luas. Model pembelajaran STAD adalah unik karena melibatkan persaingan antar kelompok untuk mendapatkan penghargaan kelompok, hal ini senada Nesbit, dkk (1997 : 5) mengatakan :
STAD unique in that involves competition among groups, bacause the teams compete against each other for rewards, and at the same time provides an equal opportunity for teams to succeed, because the team scores are based on students improvement over their past record.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu tipe dalam pembelajaran kooperatif, dengan menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 orang yang heterogen menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Guru menyajikan materi pelajaran (penyajian materi dapat dilakukan baik dengan ceramah, demonstrasi, atau bahan bacaan), dan kemudian siswa bekerja di dalam tim mereka untuk memastikan bahwa seluruh anggota kelompok telah menguasai materi tersebut. Pada akhir pembelajaran seluruh siswa diberi tes tentang materi tersebut, dengan ketentuan pada saat tes siswa tidak boleh saling membantu atau bekerja sama antara teman-teman baik dari teman satu tim maupun dengan tim yang lainnya. Skor siswa yang diperoleh dibandingkan dengan rata-rata skor yang lalu dari siswa yang bersangkutan dan poin diberikan berdasarkan seberapa jauh siswa menyamai kinerja yang lalu pula. Poin tiap anggota ini dijumlah untuk mendapatkan skor tim, dan tim yang mencapai kriteria tertentu diberi sertifikat atau penghargaan.
Langkah-langkah Model Pembelajaran STAD
  • Para siswa di dalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, masing- masing terdiri atas 4 atau 5 anggota. Tiap kelompok memiliki anggota yang heterogen.
  • Tiap anggota kelompok menggunakan lembar kerja dan kemudian saling membantu untuk menguasai bahan ajar melalui Tanya jawab atau diskusi antar sesama anggota kelompok.
  • Secara individual atau kelompok tiap minggu atau tiap dua minggu guru mengevaluasi untuk mengetahui penguasaan mereka terhadap bahan akademik yang telah dipelajari.
  • Tiap siswa dan tiap kelompok diberi skor atas penguasaannya terhadap bahan ajar, dan kepada siswa secara individu atau kelompok yang meraih prestasi tinggi diberi penghargaan.
Pembelajaran kooperatif bisa dikembangkan dengan banyak tipe, diantaranya adalah tipe STAD. Alasan mengapa tipe ini bisa diterapkan dalam pembelajaran kooperatif karena dari model STAD ini menekankan peran aktif dari siswa, sehingga siswa akan berusaha memahami materi belajarnya dengan cara aktif bekerjasama dengan teman yang lain dan pada tipe model pembelajaran STAD, siswa cenderung lebih serius untuk berdiskusi.

Contoh Judul Skripsi dan Tesis yang Menggunakan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions)

  • EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP KLAS VIII SMP
  • EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X SMA MTA
  • EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STAD DAN TGT PADA HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI SISWA KELAS X SMA
  • EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STAD TEKNIK PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP
  • EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STAD TEKNIK PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GONDANGREJO
  • EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STAD, GI, CERAMAH TANYA JAWAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA TOPIK TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X SMA
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA TOPIK TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) YANG DIMODIFIKASI DENGAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET ARITMETIKA SERTA GEOMETRI
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) YANG DIMODIFIKASI DENGAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET ARITMETIKA
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS V SD NEGERI PAJANG
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TAI PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH STATISTIKA I DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TIPE JIGSAW PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA SISWA SMP
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TIPE JIGSAW PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DILENGKAPI MODUL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK PERHITUNGAN KIMIA KELAS X
  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI
  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD
  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN QUANTUM LEARNING MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA
  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA KOMPETENSI DASAR TRANSFORMASI BANGUN DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK
  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMP 1
  • EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN STATISTIK DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA SMA
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMK
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEINGINTAHUAN DAN GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) DENGAN LATIHAN INDIVIDUAL TERSTRUKTUR PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA SISWA KELAS VII SMP NEGERI
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA SISWA KELAS VII SMP
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE PENEMUAN PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X SMA
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD YANG DIMODIFIKASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) MODIFIKASI, THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN KONVENSIONAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN PADA SISWA SMP
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) YANG DIMODIFIKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI POKOK PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DILENGKAPI MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMP
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK LOGIKA MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN STAD DENGAN RECIPROCAL PEER TUTORING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL SISWA KELAS VIII SMP
  • EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DAN STAD DIMODIFIKASI EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN MODIFIED OF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DENGAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE GUIDED NOTE TAKING PADA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP
  • EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X SMA NEGERI.DOC
  • EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 (PENELITIAN DILAKSANAKAN DI SMP N 16
  • EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SUB POKOK BAHASAN MENGHITUNG KELILING DAN LUAS LINGKARAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER II
  • EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA
  • EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD YANG DILENGKAPI DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1
  • EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL ( SPLDV ) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

0 Comment for " "

Back To Top